Senin, 24 Maret 2014

tulisan komunikasi bisnis 4

·        dilakukan melalui lisan atau tertulis
Dalam komunikasi lisan, pendengar dapat membuat apa speaker coba katakan, tetapi dalam komunikasi tertulis, teks materi di pesan adalah refleksi dari pemikiran Anda. Jadi, komunikasi tertulis atau pesan harus jelas, tujuan dan ringkas dengan kata-kata yang benar, untuk menghindari salah tafsir dari pesan Anda. Komunikasi tertulis memberikan catatan permanen untuk penggunaan masa depan dan juga memberikan kesempatan kepada karyawan untuk memasang komentar mereka atau saran secara tertulis.

Jadi, komunikasi yang efektif sangat penting untuk sukses bekerja dari sebuah organisasi. Bisnis menulis perangkat lunak dengan grammar checker dan teks pengayaan alat, yang meningkatkan kalimat sederhana menjadi satu lebih profesional dan canggih, dapat digunakan untuk menulis komunikasi bisnis yang efektif. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi alat koreksi tata bahasa .

·         Komunikasi vertikal
Bentuk komunikasi ini merupakan bentuk komunikasi yang terjadi dari atas ke bawah dan sebaliknya. Artinya komunikasi yang disampaikan pimpinan kepada bawahan, dan dari bawahan kepada pimpinan secara timbal balik.
Fungsi komunikasi ke bawah digunakan pimpinan untuk:
a.   Melaksanakan kebijaksanaan, prosedur kerja, peraturan, instruksi, mengenai pelaksanaan kerja bawahan.
b.   Menyampaikan pengarahan doktrinasi, evaluasi, teguran.
c.   Memberikan informasi mengenai tujuan organisasi, kebijaksanaan-kebijaksaan organisasi, insentif.
Seorang pimpinan harus lebih memperhatikan komunikasi dengan bawahannya, dan memahami cara-cara mengambil kebijaksanaan, terhadap bawahannya.
Keberhasilan organisasi dilandasi oleh perencanaan yang tepat, dan seorang pimpinan organisasi yang memiliki jiwa kepemimpinan. Kedua hal terseut merupakan modal utama untuk kemajuan organisasi yang dipimpinnya.
Fungsi komunikasi ke atas digunakan untuk:
a.   Memberikan pengertian mengenai laporan prestasi kerja, saran, usulan, opini, permohonan bantuan, dan keluhan.
b.   Memperoleh informasi dari bawahan mengenai kegiatan dan pelaksanaan pekerjaan bawahan dari tingkat yang lebih rendah.
Bawahan tentulah berharap agar ide, saran, pendapat, tanggapan maupun kritikannya dapat diterima dengan lapang dada, dan hati terbuka oleh pimpinan.
2. Komunikasi horizontal
Bentuk komunikasi secara mendatar, diantara sesama karyawan dsbnya. Komunikasi horizontal sering kali berlangsung tidak formal.
Fungsi komunikasi horizontal/ke samping digunakan oleh dua pihak yang mempunyai level yang sama. Komunikasi ini berlangsung dengan cara tatap muka, melalui media elektronik seperti telepon, atau melalui pesan tertulis.
3. Komunikasi diagonal
Bentuk komunikasi ini sering disebut juga komunikasi silang. Berlangsung dari seseorang kepada orang lain dalam posisi yang berbeda. Dalam arti pihak yang satu tidak berada pada jalur struktur yang lain.
Fungsi komunikasi diagonal digunakan oleh dua pihak yang mempunyai level berbeda tetapi tidak mempunyai wewenang langsung kepada pihak lain.
Subordinate - initiated communication
Disebut juga dengan upward communication yaitu komunikasi yang terjadi dari
bawahan ke atasannya.
Adapun bentuknya adalah:
a. Informasi pribadi tentang gagasan, sikap, peampilan kerja.
b. Informasi feedback tentang performance teknis, beberapa informasi penting
    lainnya.
3. Interactive communication
Komunikasi yang terjadi pada karyawan yang selevel.
Bentuknya adalah
a. Task coordination
b. Problem solving
c. Information sharing
d. Conflict Resolution
Beberapa faktor pada struktur organisasi yang berpengaruh pada pola komunikasi antara lain
a. ukuran
b. sentralisasi - desentralisasi

c. degrees of uncertainity

melakukan persuasi - ( persuading ) komunikasi 3


b. Melakukan persuasi (persuading)
Tujuan kedua dari sebuah komunikasi bisnis adalah melakukan persuasi kepada pihak lain agar apa yang disampaikan dapat dipahami oleh audiens dengan baik dan benar. Hal ini sering dilakukan terutama yang berkaitan dengan negoisasi antara seseorang dengan orang laian dalam bisnis.

·        Dalam bisnis
banyak hal yang perlu diperhatikan saat akan memulainya karena jika kita salah dalam mengambil langkah, maka percumallah apa yang sudah kita pahami misalkan seperti dimana pada saat memulai komunikasi dalam bisnis harusllah berdoa sebelumnya untuk melancarkan dan dapat di ridhoi allah swt.

·        Komunikasi yang efektif
informasi dan keputusan merupakan komponen penting untuk manajemen hubungan karyawan. Manajer tidak bisa mendapatkan pekerjaan yang dilakukan dari karyawan kecuali mereka dikomunikasikan secara efektif dari apa yang dia ingin dilakukan? Dia juga harus yakin beberapa fakta dasar seperti bagaimana berkomunikasi dan apa yang dapat diharapkan hasil dari komunikasi itu. Sebagian besar masalah manajemen timbul karena kurangnya komunikasi yang efektif. Kemungkinan kesalahpahaman dan keliru dapat diminimalkan dengan sistem komunikasi yang benar.


·        Komunikasi adalah juga merupakan alat dasar untuk motivasi
Komunikasi yang tidak tepat atau rusak antara karyawan atau antara manajer dan bawahannya adalah penyebab utama dari konflik dan moral yang rendah di tempat kerja. Pengelola harus menjelaskan kepada karyawan tentang apa yang harus dilakukan, seberapa baik mereka lakukan dan apa yang dapat dilakukan untuk performa yang lebih baik untuk meningkatkan motivasi mereka. Dia bisa menyiapkan pernyataan tertulis, jelas menguraikan hubungan antara tujuan perusahaan dan tujuan pribadi dan mengintegrasikan kepentingan dari dua.

·        Dengan komunikasi yang efektif,
Anda dapat mempertahankan hubungan manusia yang baik dalam organisasi dan dengan mendorong ide-ide atau saran dari karyawan atau pekerja dan menerapkan sebisa mungkin, Anda juga dapat meningkatkan produksi dengan biaya rendah.

Ini adalah melalui komunikasi bahwa karyawan mereka menyerahkan pekerjaan laporan, komentar, keluhan dan saran ke senior atau manajemen. Organisasi harus memiliki kebijakan komunikasi yang efektif dan cepat dan prosedur untuk menghindari keterlambatan, kesalahpahaman, kebingungan atau distorsi fakta dan membangun harmoni di antara semua orang yang bersangkutan dan departemen.


tulisan softskill 2

·        Lalu hambatan dari 4 jenis komunikasi tersebut ialah
1.     Dimana media menulis tidak terlalu efektif misalkan tulisan pembaca tidak dimengerti pendengar
2.     Kurang jelasnya pembaca dalam membaca topic yang iya sedang bacakan
3.     Berbicara yang tidak jelas/kurang jelas pengejaanya
4.     Dimana pendengar dan pembaca mempunyai kekurangan pendengaran maka akan terjai miss komunikasi anatara pembaca dan pendengar.
·        Solusinya
1.     Dimana mereka saling mempunyai tulisan yang dapat dimebgerti satu sama lain, misalkan tidak menggunakan huruf sambung
2.     Pembaca harusllah membacakan dengan jelas, misalkan dengan membaca menggunakan titik koma yang benar ejaan harus jelas, dan keras membacanya dan jelas
3.     Pendengar dan pembaca harus benar -  benar saling menyimak satu sama lain agar munculnya komunikasi yang sangat baik.
·        Pentingnya peran komuikasi bisnis terhadap manajer
Tantangan yang akan dihadapi oleh manajer di masa yang akan datang sangatllah sulit dimana manajer harus bisa membuat ide gagasan baru untuk perusahaanya dan dimana manajer harus dituntut agar bisa memahami dan melakukan yang terbaik dalam komunikasi bisnis nanti.
·        Metode yang baik dalam komunikasi ialah:
1.     Dimana seseorang harus bisa penuh menghandel semua topic yang ingin disampaikan agar ia bisa merangkul/mengajak pendengar untuk ikut dan mau berkerja sama dalam hal yang dinginkan
2.     Lalu buatllah prosuder yang tidak sulit / persiapkanllah langkah – langkah yg terbaik untuk memulainyaa.
·        Cara komunikasi yang benar
harus digunakan – cara yang memperhitungkan waktu acuan dan kendala-kendala biaya. Pilihan saluran komunikasi yang tepat juga bergantung pada banyaknya formalitas yang diperlukan dan kecepatan umpan balik yang dibutuhkan.

·        Komunikasi harus sopan
Perilaku sopan dan penuh perhatian merupakan inti dari komunikasi bisnis. Komunikasi juga melakukan kontak mata Bahasa tubuh yang positif harus digunakan. Sebagai contoh, selama pertemuan dan wawancara, memberikan senyuman yang menyenangkan, membuat semuanya merasa senang, dsb.

·        Tujuan Komunikasi bisnis
Secara umum, ada tiga tujuan komunikasi bisnis, yaiitu member informasi (informing), melakukan persuasi (persuading), dan melakukan kolaborasi (collaborating) dengan audiens.
Mari kita jelaskan secara mendetail dari tujuan komunikasi bisnis tersebut

a. Memberi informasi (informing)
Tujuan pertama dalam komunikasi bisnis adalah memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia bisnis kepada pihak lain. Sebagai contoh, seorang pimpinan suatu perusahaan membutuhkan beberapa pegawai baru yang akan ditempatkan sebagai staf administrasi di kantor-kantor cabang yang ada
Untuk memperoleh pegawai yang diharapkan, ia dapat memasang iklan lowongan kerja melalui media surat kabar, majalah, radio, dan internet. Masing-masing media informasi tersebut tentu saja mempunyai kelebihan dan kekurangan satu sama lain. Jadi tergantung manajer untuk memilih media mana yang akan dipilih dengan mempertimbangkan kemampuan internal yang dimiliki oleh perusahaan.


tulisan komunikasi bisnis

·        Komunikasi bisnis
iyalah dimana kita membicarakan sesuatu dengan perhitungan, pertimbangan, dan planning yang jelas serta membahas hal – hal yang menyangkut usaha itu sendiri, tetapi komunikasi bisnis itu dibutuhkan kerja sama atau juga bisa dibilang feedback antara pembicara dan pendengar.

·        Komunikasi bisnis itu
sangatlah luas dan terus – menerus, agar pembicara pembisnis terhanyut dalam percakapan bisnis dan adanya kerja sama dalam membangun bisnis yang mereka inginkan.
Tujuan komunikasi bisnis harusllah memiliki tujuan yang jelas agar pembicara dan pendengar melakukan feedback

·        Masalah – masalah dalam komunikasi bisnis
Pendengar dan pembicara tidak melakukan feedback dikarenakan pembicara tidak memahmi yang dia ingin sampaikan dan juga pembicara tidak memahami penuh apa yang ingin dia bicarakan

·        Solusinya
Pembicara pertama – tama harusllah berusaha keras dalam memahami jelas topic yang ingin diabicarakan agar ada feedback antara pembicara dan pendengar

·        Komunikasi bisnis dalam organisasi
Komunikasi sangatllah dibutuhkan apalagi dalam hal organisasi karena dalam organisasi sangatllah penting yang namanya forum nah darisitullah jika kita ingin membuat / membuka forum dala organisasi hal yang dibutuhkan kemampuan kita dalam berbicara dengan orang lain dan juga kemampuan kita dalam menyatukan satu dengan yang lain dengan cara adanya tanya jawab dan juga kenyamanan dalam forum tersebut.

·        komunikasi itu sebagai bidang sarana interaksi
sesama manusia lain, dimana banyak sekali perbincangan / interaksi2 dan pola – pola pemikiran.
empat jenis keterampilan dasar dalam berkomunikasi, yaitu :
a. menulis,
b. membaca,
c. berbicara; dan
d. mendengar.
a.     Menulis dimana pembicara dan pendengar melakukan aktivitas dengan menulis apa yang ingin mereka sampaikan ke dalam komunikasi tersebut dengan media bantuan seperti kertas dan pulpen.
b.     Membaca dimana media ini dilakukan setelah pembicara / pendengar melakukan membaca pada saat mereka telah menulis terlebih dahulu, hal ini juga termasuk dalam komunikasi yang ingin disampaikan melalui media membaca
c.     Berbicara dimana media ini dilakukan percakapan yang dilakukan lebih dari 2 orang
d.     Mendengar dimana media itu yang dipusatkan dalam sie pendengar terhadap sie pembaca, tetapi bisa juga dilakukan pembaca yang menjadi pendengar dan pendengar menjadi pembaca