Jumat, 01 November 2013

tugas softskill 2


BAB 1
PENDAHULUAN
1.1  LATAR BELAKANG PERUSAHAAN
Dijaman yang modern ini banyak sekali model-model celana jeanss, dari sinilah saya berusaha ikut serta dalam meramaikan persaingan di bidang celana jeanss tetapi celana jeanss yang saya buat ini terbuat dari bahan denim yang berbeda dari pada yang lain, oleh sebab itu saya berani terjun dalam bisnis ini dikarenakan peluang usaha yang sangat besar.
1.2  VISI & MISI

VISI
      Menginovasikan bahan denim menjadi bahan yang berkualitas

MISI
1.      Menciptakan inovasi baru dalam celana jeanss
2.      Menciptakan kreatifitas dalam mendesain / membuat model-model celana denim
3.      Memberikan harga yang terjangkau untuk semua kalangan masyarakat
4.      Membuat bahan denim dikenal di masyarakat luas

1.3  MOTTO PERUSAHAAN

Kualitas baik yaa denim jeanss ....

BAB II
LANDASAN TEORI
1.4   LANDASAN TEORI
            Identifikasi Usaha

  • Nama Usaha                : Denim jeanss
  • Pemilik Usaha             : Riza Temas Miko
  • Alamat Usaha             : Tridaya Indah IV
  • Contact Person            : (08998009740)

Ruang Lingkup Usaha

Ruang lingkup penjualan saya masih dirumah dan juga dari media online.


BAB III

ANALISIS USAHA


2.1 Rencana Produk

  Usaha saya ini dimulai karena banyak teman  saya yang mencoba usaha di bidang celana jeanss ini tetapi lambat lau banyak yang mengalami kegagalan, tetapi dengan adanya kegagalan oleh saba itu saya beranikan diri untuk mencoba usaha ini dengan melihat peluang yang sangat besar.

2.2 Rencana Produk yang dihasilkan

  Keistimewaan Denim Jeanss ini adalah :

·         Memberi kualitas yang sangat berkualitas
·         Meberikan kenyamanan dalam pemakaian produk ini
·         Harga sangat terjangkau


BAB IV

DESKRIPSI TENTANG USAHA


2.3 Jenis Usaha

 Menjual berbagai model celana denim jeanss yang berkualitas

2.4 Prospek Usaha

Usaha saya ini sangat pas di jaman modern ini karena bahan yang digunakan pun tidak sembarangan, karena dengan harga yang murah dan berkualitas dengan celana-celana yang lainya.

BAB V

RENCANA PRODUKSI

Saya akan memproduksi sesuai dengan pesanan, tapi saya juga membuat celana denim jeanss ini dengan model dan inovasi dari saya sendiri.






BAB VI

RENCANA PEMASARAN
3.1 Analisis Persaingan Usaha

SWOT

1. Strength / Kekuatan
·         Harga yang tidak terlalu tinggi
·         Pengiriman yang cepat
·         Dapat memesan dengan keinginin yang diminta
·         Berbahan kualitas dan juga nyaman dipakai
2. Weakness / Kelemahan
·         Banyaknya pesaing
·         Jauhnya pembelian bahan denim ini
·         Sulitnya pada pembuatan/penjahitan dalam celana ini
·         Butuhnya waktu yang tidak singkat
3. Opportunities / Kesempatan

·         Modernnya jaman sekarang ini sesuai dengan style denim yang saya buat
·         Banyaknya permintaan produk ini di kalangan remaja
4. Threat / Ancaman

·         Pesaingan yang sangat banyak
·         Kurangnya inovasi / kreatifitas dalam produk ini

3.2 Analisis 4P

1. Product
Type
Jeanss
Brand
"denim jeanss"

2. Price
Price List
220.000-250.000 tergantung model
Jika ingin membuat sesuai dengan keinginan
300.000
3. Promotion

Promosi usaha saya melalui media sosial dan face to face

4. Place

Berlokasi Perumahan Tridaya Indah IV B6 NO 11 JL Melon

3.3 Target dan Segmentasi Pasar

Geografi
  • Wilayah penjualan  saya masih daerah jakarta dan sekitarnya, tetapi jika ada yang memesan dari luar kota maka saya akan dapat mengirimnya.

Demografi

  • Berdasarkan demografi, saya menjual usaha ini karena dengan  harga murah bisa mendapatkan kepuasan dan juga usaha ini bisa bermanfaat

3.4 Strategi Pemasaran

  • Perkenalan Bisnis
   Usaha yang saya buat ini dikarenakan banyak permintaan harga murah tapi berkualitas, usaha saya ini bisa dapat memuasakan permintaan tersebut.

  • Media Pemasaran
   Saya menggunakan media sosial dan juga handphone dengan broadcast, serta mulut ke mulut


BAB VII

RENCANA PERMODALAN


4.1 Biaya Awal

Pengeluaran
Harga
Bahan
Rp. 50.000
Jasa jahit
Rp. 5.000
Ongkos kirim
Rp. 20.000
Kancing dll
Rp.10.000
Total
Rp.85.000



4.2 Harga Per Unit
Harga perunit celana itu 150.000 untuk yang model biasa , kalau special modelnya 200.000 tapi kalau mau sesuai model 300.000
4.3 Modal Awal

Modal pertama saya adalah 2.000.000 untuk membeli bahan2 dan lain-lain

4.4 Analisis Keuntungan

keuntungan dari usaha saya jika harga dari bahan dll untuk yang model biasa 85.000 saya akan menjual 150.000, jika model special itu saya jual 200.000, model pilihan pelanggan 300.000

4.5 Pengembalian Modal

Modal 2.000.000 : keuntungan 200.000 dalam 1 unit celana = jadi 3 bulan sudah kembali modalnya

BAB VIII

RENCANA ORGANISASI


Saya berniat untuk membangun usaha ini agar bisa membantu teman-teman saya dan juga keluarga saya

BAB IX

RESIKO


5.1 Resiko yang mungkin terjadi pada usaha saya yaitu :
  • Adanya persaingan
  • Kurangnya kreatifitas dan inovasi
  • Harga yang bertentangan dengan pesaing lain
  • Lamanya proses pembuatanya butuh waktu 4hari

BAB X

KESIMPULAN

Jadi peluang usaha sangatllah besar tergantung dari kita mau berinovasi/kreatif dalam melaksanakan usaha yang kita buat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar