b. Melakukan
persuasi (persuading)
Tujuan kedua dari sebuah komunikasi bisnis adalah melakukan persuasi kepada pihak lain agar apa yang disampaikan dapat dipahami oleh audiens dengan baik dan benar. Hal ini sering dilakukan terutama yang berkaitan dengan negoisasi antara seseorang dengan orang laian dalam bisnis.
Tujuan kedua dari sebuah komunikasi bisnis adalah melakukan persuasi kepada pihak lain agar apa yang disampaikan dapat dipahami oleh audiens dengan baik dan benar. Hal ini sering dilakukan terutama yang berkaitan dengan negoisasi antara seseorang dengan orang laian dalam bisnis.
·
Dalam bisnis
banyak hal
yang perlu diperhatikan saat akan memulainya karena jika kita salah dalam
mengambil langkah, maka percumallah apa yang sudah kita pahami misalkan seperti
dimana pada saat memulai komunikasi dalam bisnis harusllah berdoa sebelumnya
untuk melancarkan dan dapat di ridhoi allah swt.
·
Komunikasi
yang efektif
informasi
dan keputusan merupakan komponen penting untuk manajemen hubungan karyawan.
Manajer tidak bisa mendapatkan pekerjaan yang dilakukan dari karyawan kecuali
mereka dikomunikasikan secara efektif dari apa yang dia ingin dilakukan? Dia
juga harus yakin beberapa fakta dasar seperti bagaimana berkomunikasi dan apa
yang dapat diharapkan hasil dari komunikasi itu. Sebagian besar masalah
manajemen timbul karena kurangnya komunikasi yang efektif. Kemungkinan
kesalahpahaman dan keliru dapat diminimalkan dengan sistem komunikasi yang
benar.
·
Komunikasi
adalah juga merupakan alat dasar untuk motivasi
Komunikasi
yang tidak tepat atau rusak antara karyawan atau antara manajer dan bawahannya
adalah penyebab utama dari konflik dan moral yang rendah di tempat kerja.
Pengelola harus menjelaskan kepada karyawan tentang apa yang harus dilakukan,
seberapa baik mereka lakukan dan apa yang dapat dilakukan untuk performa yang
lebih baik untuk meningkatkan motivasi mereka. Dia bisa menyiapkan pernyataan
tertulis, jelas menguraikan hubungan antara tujuan perusahaan dan tujuan
pribadi dan mengintegrasikan kepentingan dari dua.
·
Dengan komunikasi yang efektif,
Anda
dapat mempertahankan hubungan manusia yang baik dalam organisasi dan dengan
mendorong ide-ide atau saran dari karyawan atau pekerja dan menerapkan sebisa
mungkin, Anda juga dapat meningkatkan produksi dengan biaya rendah.
Ini
adalah melalui komunikasi bahwa karyawan mereka menyerahkan pekerjaan laporan,
komentar, keluhan dan saran ke senior atau manajemen. Organisasi harus memiliki
kebijakan komunikasi yang efektif dan cepat dan prosedur untuk menghindari
keterlambatan, kesalahpahaman, kebingungan atau distorsi fakta dan membangun
harmoni di antara semua orang yang bersangkutan dan departemen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar